Jumat, 28 April 2017

KARYA ILMIAH BERPIDATO





TUGAS BAHASA INDONESIA
KARYA ILMIAH
BERPIDATO


DISUSUN OLEH:
ALIF SAPUTRA
KELAS : IX

GURU PEMBIMBING
KHOIRINNISA,S.Pd

SMPN 2 BUNGARAYA
KEC.BUNGARAYA
KAB.SIAK








Kata pengantar


Assalamu’alaikum wr. wb
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan karya ilmiah ini tanpa ada suatu halangan apapun.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang kita nanti – nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat.
Makalah ini membahas tentang kemampuan siswa dalam berpidato,penulis sadar bahwa dalam karya tulis ilmiah ini masih ada kekurangan dan kesalahan,untuk itu saya mohon kritik dan sarannya.
Semoga karya ilmiah in bermanfaat bagi pembaca.
terimakasih




Sabak auh,10 maret 2016


Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  ) Latar belakang……………………………………………………………………………………………
1.2  )Rumus masalah…………………………………………………………………………………………..
1.3  )Tujuan penulis…………………………………………………………………………………………….
1.4  )Manfaat penulis………………………………………………………………………………………….

BAB 2
TUJUAN PUSTAKA
2.1)Pengertian pidato………………………………………………………………………………………..
2.2)Jenis-jenis pidato…………………………………………………………………………………………
2.3)Fungsi pidato……………………………………………………………………………………………….
2.4)Tujuan pidato………………………………………………………………………………………………
2.5)Metode pidato…………………………………………………………………………………………….
2.6)Persiapan pidato………………………………………………………………………………………….
2.7)Kerangka susun pidato…………………………………………………………………………………

BAB 3
PENUTUP
3.1)Kesimpulan………………………………………………………………………………………………….
3.2)Saran……………………………………………………………………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA








KEMAMPUAN SISIWA DALAM BERPIDATO

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1)Latar belakang
            Pidato merupakan kegiatan yang kita lakukan di depan umum contohnya yang saya ambil di sekolah.namun tidak semua siswa dapat melakukan tersebut.hal ini karena,ketidak siapan atau pun tidak adanya pengalaman berbicara di hadapan siswa guru meskipun pada dasarnya setiap siswa dapar berbicara.
            Karya ilmiah ini bermaksud sebagai dasar untuk memahami “bagaimana cara siswa dalam berpidato atau pidato.


1.2)Rumus masalah
“Bagaimana proses peingkatan siswa dalam berpidato melalui aktifitas di sekolah”.



1.3)Tujuan penulis
“Bagaimana hasil peningkatan siswa dalam berpidato melalui aktifitas di sekolah”.
1.4)Manfaat penulis
-Memberi informasi atau pemahaman kepada siswa yang mendengar.
-Agar siswa dapat berpidato dengan benar di sekolah atau di luar   sekolah.
-Sebagai pemicu pelajaran dan pemicu kreatifitas siswa.








BAB 2

PEMBAHASAN PUSTAKA


2.1)Pengertian pidato
            Pidato ialah kegiatan berbahasa lisan (cermat berbahasa Indonesia,hal 228:2009).
            Pidato adalah berucap di depan umumuntuk tujuan tertentu(kamus lenkap bahasa Indonesia,hal 455:2005).
            Jadi pidato adalah sebuah kegiatan berbicara atau berorasi untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran tentang sebuah hal yang di tunjukan untuk orang banyak.


2.2)Jenis-jenis pidato.
Berdasarkan sifat dari isi pidato,pidato dapat di bedakan menjadi:
-Pidato pembukaan.
>Pidato singkat yang di bawakan oleh pembaca atau mc.
-Pidato pengarah.
>Pidato untuk mengarah pada suatu pertemuan.
-pidato sambutan.
>Merupakan pidato yang di sampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat di lakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.

-Pidato peresmian.
>Pidato yang di lakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
-Pidato laporan.
>Pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
-Pidato bertanggung jawab .
>Pidato yang berisi suatu laporan pertanggung jawaban.



2.3)Fungsi pidato.
-Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
-Mempermudahkan komikasi antar sesame organisasi.
-Mempermudahkan komunikasi.


2.4)Tujuan berpidato.
-Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan yang disarankan dengan suka rela.
-Menyampaikan informasi atau suatu pemahaman kepada pendengar.
-Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.


2.5)Metode pidato
            -Metode menghapal
>Yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata perkata.
            -Metode serta merta
>yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanyamengandalkan pengalaman dan wawasan .
            -Metode naskah
>Yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya di pakai pada pidato-pidato resmi.


2.6)Persiapan pidato
            -wawasan pendengar pidato secara umum.
            -mengetahui lama waktu dan durasi pidato yang akan di bawakan.
            -menyusun kata-kata yang mudah di pahami dan dimengerti.
            -mengetahui jenis pidato dan tema acara
            -menyiapkan bahan-bahan dan pelengkapan pdato,dan seterusnya.

2.7)Kerangka susunan pidato
            -Pembukaan dengan salam
            -Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
 -Isi dan materi pidato secara sistematis     
-Penutup(kesimpulan,harapan,pesan,salam penutup,dll.)                              





BAB 3
PENUTUP


3.1)Kesimpulan.
-Pidato merupakan kegiatan berbicara atau berorasi untuk menyatakan pendapat di depan umum.
-Adapun tujuan dalam berpidato untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain.


3.2)Saran.
            Setiap orang seharusnya bias memahami pemahaman tentang pidato dengan baik,karena penerapan ilmu berpidato sangat berguna dalam mengasah kemampuan berkomunukasi dan bersosialisasi.









DAFTAR PUSTAKA


Arifin,E.Zaenal dan S.imran Tasai.2009.Cermat berbahasa.Indonesia.Jakarta:
           Akademika Pressindo.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA ILMIAH BERPIDATO

TUGAS BAHASA INDONESIA KARYA ILMIAH BERPIDATO DISUSUN OLEH: ALIF SAPUTRA KELAS : IX GURU PEMBIMBING KHOIRINNIS...