TUGAS
BAHASA INDONESIA
KARYA
ILMIAH
BERPIDATO
DISUSUN
OLEH:
ALIF
SAPUTRA
KELAS
: IX
GURU
PEMBIMBING
KHOIRINNISA,S.Pd
SMPN
2 BUNGARAYA
KEC.BUNGARAYA
KAB.SIAK
Kata pengantar
Assalamu’alaikum wr. wb
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan karya ilmiah ini tanpa ada suatu halangan apapun.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang kita nanti – nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat.
Makalah ini membahas tentang kemampuan siswa dalam berpidato,penulis sadar bahwa dalam karya tulis ilmiah ini masih ada kekurangan dan kesalahan,untuk itu saya mohon kritik dan sarannya.
Semoga karya ilmiah in bermanfaat bagi pembaca.
terimakasih
Sabak auh,10 maret 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………………………………………
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 ) Latar
belakang……………………………………………………………………………………………
1.2 )Rumus
masalah…………………………………………………………………………………………..
1.3 )Tujuan
penulis…………………………………………………………………………………………….
1.4 )Manfaat
penulis………………………………………………………………………………………….
BAB 2
TUJUAN PUSTAKA
2.1)Pengertian pidato………………………………………………………………………………………..
2.2)Jenis-jenis pidato…………………………………………………………………………………………
2.3)Fungsi pidato……………………………………………………………………………………………….
2.4)Tujuan pidato………………………………………………………………………………………………
2.5)Metode pidato…………………………………………………………………………………………….
2.6)Persiapan pidato………………………………………………………………………………………….
2.7)Kerangka susun pidato…………………………………………………………………………………
BAB 3
PENUTUP
3.1)Kesimpulan………………………………………………………………………………………………….
3.2)Saran……………………………………………………………………………………………………………
DAFTAR
PUSTAKA
KEMAMPUAN SISIWA DALAM BERPIDATO
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1)Latar
belakang
Pidato merupakan
kegiatan yang kita lakukan di depan umum contohnya yang saya ambil di
sekolah.namun tidak semua siswa dapat melakukan tersebut.hal ini karena,ketidak
siapan atau pun tidak adanya pengalaman berbicara di hadapan siswa guru
meskipun pada dasarnya setiap siswa dapar berbicara.
Karya ilmiah ini
bermaksud sebagai dasar untuk memahami “bagaimana
cara siswa dalam berpidato atau pidato.
1.2)Rumus
masalah
“Bagaimana proses peingkatan siswa
dalam berpidato melalui aktifitas di sekolah”.
1.3)Tujuan
penulis
“Bagaimana hasil peningkatan siswa
dalam berpidato melalui aktifitas di sekolah”.
1.4)Manfaat
penulis
-Memberi informasi atau pemahaman
kepada siswa yang mendengar.
-Agar siswa dapat berpidato dengan
benar di sekolah atau di luar sekolah.
-Sebagai pemicu pelajaran dan pemicu
kreatifitas siswa.
BAB
2
PEMBAHASAN
PUSTAKA
2.1)Pengertian
pidato
Pidato ialah kegiatan
berbahasa lisan (cermat berbahasa
Indonesia,hal 228:2009).
Pidato adalah berucap di depan
umumuntuk tujuan tertentu(kamus lenkap
bahasa Indonesia,hal 455:2005).
Jadi pidato adalah sebuah
kegiatan berbicara atau berorasi untuk menyatakan pendapat atau memberikan
gambaran tentang sebuah hal yang di tunjukan untuk orang banyak.
2.2)Jenis-jenis
pidato.
Berdasarkan sifat dari isi
pidato,pidato dapat di bedakan menjadi:
-Pidato pembukaan.
>Pidato singkat yang di bawakan
oleh pembaca atau mc.
-Pidato pengarah.
>Pidato untuk mengarah pada suatu
pertemuan.
-pidato sambutan.
>Merupakan pidato yang di
sampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat di
lakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
-Pidato peresmian.
>Pidato yang di lakukan oleh orang
yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
-Pidato laporan.
>Pidato yang isinya adalah
melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
-Pidato bertanggung jawab .
>Pidato yang berisi suatu laporan
pertanggung jawaban.
2.3)Fungsi
pidato.
-Mempermudah komunikasi antar atasan
dan bawahan.
-Mempermudahkan komikasi antar sesame
organisasi.
-Mempermudahkan komunikasi.
2.4)Tujuan
berpidato.
-Mempengaruhi orang lain agar mau
mengikuti kemauan yang disarankan dengan suka rela.
-Menyampaikan informasi atau suatu
pemahaman kepada pendengar.
-Membuat orang lain senang dengan
pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang
kita sampaikan.
2.5)Metode
pidato
-Metode menghapal
>Yaitu membuat suatu rencana
pidato lalu menghapalkannya kata perkata.
-Metode serta merta
>yakni membawakan pidato tanpa
persiapan dan hanyamengandalkan pengalaman dan wawasan .
-Metode naskah
>Yaitu berpidato dengan
menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya di pakai pada
pidato-pidato resmi.
2.6)Persiapan
pidato
-wawasan pendengar pidato
secara umum.
-mengetahui lama waktu
dan durasi pidato yang akan di bawakan.
-menyusun kata-kata
yang mudah di pahami dan dimengerti.
-mengetahui jenis
pidato dan tema acara
-menyiapkan bahan-bahan
dan pelengkapan pdato,dan seterusnya.
2.7)Kerangka
susunan pidato
-Pembukaan dengan salam
-Pendahuluan yang
sedikit menggambarkan isi
-Isi dan materi pidato secara
sistematis
-Penutup(kesimpulan,harapan,pesan,salam
penutup,dll.)
BAB
3
PENUTUP
3.1)Kesimpulan.
-Pidato merupakan kegiatan berbicara
atau berorasi untuk menyatakan pendapat di depan umum.
-Adapun tujuan dalam berpidato untuk
memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain.
3.2)Saran.
Setiap orang seharusnya
bias memahami pemahaman tentang pidato dengan baik,karena penerapan ilmu
berpidato sangat berguna dalam mengasah kemampuan berkomunukasi dan
bersosialisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin,E.Zaenal dan S.imran Tasai.2009.Cermat berbahasa.Indonesia.Jakarta:
Akademika Pressindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar